Refleksi dan Persiapan Akreditasi SMK

Akreditasi merupakan momen dimana kredibilitas sekolah dipertaruhkan, kurang persiapan yang matang bisa berakibat fatal untuk selama 5 tahun. Pada tulisan kali ini akan disampaikan langkah langkah minimal yang harus dilakukan sekolah dalam mempersiapkan program Akreditasi dari BAN-SM. Langkah langkah tersebut yaitu:
  1. Sekolah pada rapat awal tahun ajaran dimana sekolah harus melaksanakan akreditasi membuat Panitia atau Tim teknis penanggung jawa pengumpulan dokumen 8 standar. Bagi sekolah yang sudah besar dan mapan seperti sudah ISO atau terakreditasi oleh lembaga akreditasi selain BAN-SM, Wakasek Manajemen Mutu (WMM) bisa mulai membentuk dan mengkordinasikan  kepanitiaan.Output darikegiatan ini adalah SK Kepanitiaan/ SK Tim beserta uraian tugasnya.
  2. Rapat Tim 1. membahas dan merancang target yang akan diraih serta mengisi Evaluasi Diri  dengan mempelajari bukti fisik yang harus ada pada 
  3. Tim membuat  dan mengisi waktu progres report dengan memperhatikan volume kerja berdasarkan kalender pendidikan
  4. Selain Tim menyiapkan pemenuhan bukti fisik 8 standar juga dipersiapkan Tim Non Teknis, seperti penyambutan asesor pada waktu visitasi. Penyambutan ini dengan menampilkan secara sampling kegiatan kegiatan yang rutin dilaksanakan di sekolah. Penampilan bisa dalam bentuk kegiatan singkat siswa ataupun dalam bentuk tampilan profil melalui video pada waktu pembukaan acara. Hal demikian untuk mempermudah asesor dalam menggali data yang mendalam. 
Posting Komentar